26 Februari 2012

Komputer sering hang

Beberapa hari yang lalu saya menangani konsumen, yang dulu pernah juga servis ke saya. Permasalahannya adalah komputernya sering ngehang saat buat main game dan internet, kasus yang sama seperti dulu.

Ceritanya, waktu saya datang pertama ketempat konsumen tersebut, komputernya masih baru, tapi sudah mengalami masalah, sering ngehang saat main game(spesifikasi core 2 duo dengan processor 2GB, vga onboard).

Saat itu saya menyimpulkan, bahwa RAMnya yang bermasalah. Tapi oleh konsumen tersebut, saya dipertemukan lewat telpon ke sipenjual komputer tersebut, dan dia mengatakan tidak mungkin RAMnya bermasalah, dan itu baru.

Memang sih beralasan, tapi apakah barang baru tidak boleh rusak?
Untuk meyakinkan pendapatku, aku coba cek hardwarenya, ternyata merk dari RAM komputer tersebut "Avexir", merk yng asing bagi saya, dan saya coba buat main game kecil (Alien shoter 1), masih sering hang, menambah keyakinanku bahwa RAMnya yang menjadi biang masalahnya, tapi karena masih baru, saya minta untuk menggaransiikannya.

Sudah beberapa bulan berlalu, konsumen tersebut telpon lagi, komputernya sering hang, padahal sudah ditambah VGA. Setelah saya cek, ini kan komputer yang dulu bermasalah, saya cek RAMnya, saya masih teringat bentuknya yang tidak meyakinkan untuk sebuah RAM dan belum diganti.

Katanya, oleh temannya sudah diganti VGA, Power supply, dan install ulang masih sama saja. Wah dapat konsumen yang punya banyak teknisi yang (mungkin) cari biaya servis murah, kayak gini nih (katanya, teman-teman yang dimintai tolong penjaga warnet / teknisi bukan ya?), dan akhirnya aku harus mengalah, harus mau meminjamkam RAM untuk meyakinkan dia bahwa itulah sumber masalahnya. Sudah 2hari ga ada kabar darinya (kemarin aku pesan, kalau ngehang lagi secepatnya kabari saya), berarti RAMnya kan?

Emang punya konsumen dari berbagai macam corak harus sabar dan telaten. Banyak mengalah coy...

7 komentar:

  1. Berapa RAM yang ideal untuk main game? kalo RAM nya ditambah tapi beda merk ngaruh ndak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada dasarnya, spesifikasi komputer untuk main game memerlukan kapasitas hardware yang sangat besar, bahkan tanpa batas, walau tergantung juga sih, game apa yang dimainkan. Kalau cuma mau main game house, alien shooter, zombie and plants dan sebangsa itu sih RAM 256MB juga cukup.
      Tetapi kalau sudah game 3D, selain RAM besar (idealnya sih 4 atau 8GB), dibutuhkan VGA yang berspesifikasi tinggi juga.

      Penambahan RAM agar kinerja optimal di rekomendasikan yang berkapasitas, Merk, Chip IC, dan PC yang sama.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Loq komputer sy sh sering ngerestart sendiri,. kira" yg bermasalah apanya..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komputer sering restart?
      Sebenarnya banyak sekali penyebabnya. Tapi kebanyakan kasus karena RAM eror, power supply tidak stabil, Operating system error.
      Untuk mengetahuinya, coba buka dulu casing dan power supplynya, ada tidak Elco yang menggelembung, jika ada itulah penyebabnya.

      Kalau tidak coba masuk safe mode, dalam jangka waktu yang lama jika masih restart, kemungkinan besar RAMnya, tapi jika tidak berari OSnya yang error, tapi bisa juga ada penyebab lainnya.

      Hapus
  4. bro, gue mau nanya nih.
    gue baru beli komputer sekitar 3 hari yg lalu lah, semua hardware nya baru.. tp sering hang, gak tentu menit ato sedang buka aplikasi tertentu hang nya..
    kadang di loading windows awal, kadang lancar masuk ke dekstop eh tiba2 hang (gak gerak sama sekali, gak ngerestart sendiri, tapi tombol restart msh berfungsi) kadang udah sampe main game msh lancar2 aja, eh udah didalem game nya malah stuck gak gerak sama sekali .. itu kenapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau loading windows aja kadang hang, kemungkinan besar masalah di harddisk atau mainboardnya bro.
      Coba diinstall ulang sekali lagi, dengan windows fresh, kalau masih sama kasusnya, mending segera digaransikan agar bisa langsung ditukar.

      Hapus

Tinggalkan pesan anda disini.